Kami CENTER STOKIST ACEMAXS PUSAT yang merupakan bagian dari Agen Ace Maxs terbaik dan terpercaya yang senantiasa melayani pemesanan dengan mengutamakanan kenyamanan dan kepuasan Anda. Karena itulah Anda tidak perlu ragu untuk melakukan pembelian Ace Maxs melalui kami.
agen ace maxs Blitar
Sebelumnya kami menawarkan anda untuk menjadi agen ace maxs di Seluruh Indonesia, karena kami adalah agen pusat Ace Maxs yang melayani pemesanan ke seluruh Indonesia. Jika anda berminat bergabung kami akan bantu anda promosi di 200 website kami, anda akan dicantumkan di halaman ini, dan anda akan ditemukan seperti anda menemukan halaman ini.
PROMO PAKET ACE MAXS HARGA PALING MURAH!!
RP. 220.000, Hanya Rp 166.000,- / botol + Gratiss Ongkos Kirim*
*Minimal Pembelian 10 Botol
Info Lengkap KLIK DISINI

Sabtu, 18 Agustus 2012

MASMUNDARI BERCERITA LEWAT GAMBAR

Mbah MASMUNDARI 

Mengenang Sosok mbah Masmundari sang pelukis asli Kota Gresik tidaklah ada habisnya
Sosok Pelukis yang sangat sederhana demikian juga hidup kesehariannya . penampilan pun tidaklah berbeda dengan orang tua sebayanya.
Aktif berkarya sampai di usia yang ke 102 sampai menghembuskan nafas terakhirnya.

MASMUNDARI (Pelukis Damar Kurung)
Nama lengkap Sriwati Masmundari
Lahir di Kampung Telogo Pojok, Gresik, Januari Th.1904–25 Desember 2005
Tinggal di kampung Jl.Gubernur Suryo VIII no 41.B Gresik, 
Masmundari hanya memiliki satu anak, satu cucu, masih terus melukis hingga sekarang.
Karya Masmundari umumnya mengambil objek kehidupan sehari-hari cenderung bersifat naratif, bahkan naif. Ini dapat dilihat, misalnya, melalui penggunaan simbol anak panah untuk menggambarkan angin.
obyek yang diambil umumnya berasal dari apa yang dilihatnya, misalnya pesta pernikahan, Lebaran, atau penggusuran, ditorehkan pada kertas lukis yang dibentuk menyerupai lampion.
Lampion damar kurungnya ada yang terbuat dari fiber dengan tulang kayu, bukan lagi kertas dan bambu. Termasuk juga lukisan (gaya) damar kurung yang sudah dikemas seperti lukisan pada umumnya.
Gaya inilah yang kemudian dikenal dengan sebutan damar kurung.
Dalam pandangan seni rupa, lukisan-lukisan nenek ini sedemikian unik. Ada yang menyebut bergaya naif, kekanak-kanakan, dan dia melukis seperti meluncur begitu saja.
Maka seorang perupa asal Gresik, Imang AW tertarik untuk mengangkatnya dalam khasanah lukisan pada umumnya. Masmundari diminta melukis dengan bahan dan alat melukis yang lebih bagus, melukis di atas selembar kertas, kemudian dibingkai sebagaimana lukisan pada umumnya. Maka jadilah lukisan gaya Masmundari yang menarik banyak kalangan dalam pameran di Jakarta dan hotel-hotel besar serta mendapat perhatian dari petinggi negeri termasuk Presiden RI.

Damar kurung dan Masmundari lantas jadi asset berharga bagi Gresik, dia diundang kemana-mana, pameran dalam berbagai kesempatan, meski ada saja yang tega memperlakukan tidak semestinya. Pemerintah Kabupaten Gresik menjadikan damar kurung sebagai maskot kota, membuat tiruan damar kurung ukuran besar untuk lampu dan monumen kota, anak-anak pun digerakkan melukis gaya damar kurung, hingga akhirnya damar kurung identik menjadi ciri khas kota Gresik.



KEUNIKAN TEKNIK



Apa yang disebut damar (damar=lampu) kurung adalah semacam karya seni lukis lampion dengan desain unik berbentuk kotak persegi dari kertas dengan tulang-tulang bambu, berhias warna terang kuning, merah, hijau, dan merah jambu dari lampu yang dipasang di tengahnya. Sebagai lampion, Damar urung akan merefleksikan gambar-gambar tadi secara menarik apalagi saat lampu dalam lampion itu dinyalakan. Gambar akan terlihat bercahaya dan memberikan efek menarik seperti halnya wayang yang juga memainkan gambar di balik layar dan cahaya.


KEUNIKAN GAGASAN



Dulu, kerajinan Damar Kurung dibuat untuk menghibur dan memberikan kesenangan kepada anak-anak yang tengah menanti datangnya shalat Tarawih pada bulan Ramadhan. Itulah sebabnya tema lukisan pada kertas Damar Kurung di masa lalu umumnya berkisah soal kegiatan orang melaksanakan shalat tarawih, tadarus, suasana Idul Fitri, halal bil halal, macapat, pasar malam, pesta khitanan, dan sebagainya.


Namun, seiring waktu,perubahan dalam penampilan mulai dari bahan dasar hingga tema-tema terkini tanpa meninggalkan tema lama bersifat religi. Biasanya mengangkat tema tentang kehidupan nelayan, pesta pernikahan, kehidupan etnis Madura, serta permainan tradisional anak-anak seperti menangkap ikan, menjaring burung. Gayanya penuh keceriaan, penuh warna dan penuh bentuk. Hampir tak ada ruang kosong di sana. Di masing-masing bidang itu, figur-figur manusia berjajar berbagi tempat dengan pepohonan, mobil, burung, serta atap-atap tenda dan rumah. Penempatan gambar yang berderet semacam ini memang menjadi ciri khas Damar Kurung.


Quote:
MASMUNDARI (Pelukis Damar Kurung)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar